Babybee Logo
Tips Agar Si Kecil Mudah Tidur

Tips Agar Si Kecil Mudah Tidur

05 February 2020

Sama dengan orang dewasa pada umumnya, anak-anak pun juga ada yang mengalami masalah kurang tidur. Tanda-tanda yang terlihat jelas, yaitu bentuk matanya yang sayu, terdapat lingkaran hitam di bawah mata hingga sering menguap. Namun, tahukah, Moms? Selain ketiga tanda tersebut, ternyata ada juga tanda lainnya yang sulit dikenali, seperti lebih rewel, gelisah, tidak tenang, hiperaktif, hingga mendengkur saat tidur.

Padahal, tidur yang cukup itu sangat penting untuk kesehatan anak-anak karena bisa memperkuat ingatan anak, meningkatkan sistem kekebalan dan stamina tubuh, hingga membuat anak-anak lebih mudah menyerap informasi dan menyimpannya dalam memori jangka panjang.

Namun sebaliknya nih, Moms. Jika si Kecil kurang tidur, masalah kesehatan di masa depannya akan terganggu Mulai dari obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga depresi.

Adapun cara untuk mengatasi hal ini, yaitu:

1. Moms wajib menetapkan waktu tidur dan waktu bangun pagi yang teratur. Pastikan hal ini dilakukan secara rutin, meskipun pada akhir pekan.

2. Supaya si Kecil mau tidur, buat rutinitas sebelum tidur seperti memandikannya dengan air hangat atau membacakannya cerita dan dongeng.

3. Jangan memberikan makanan atau minuman yang mengandung kafein sejak 6 jam sebelum waktu tidurnya. Karena seperti yang Moms tahu, kafein itu membuat susah tidur.

4. Pastikan suhu di kamar tidak panas atau tidak dingin dan juga matikan lampu kamarnya supaya tidurnya semakin pulas.

5. Jangan menyalakan TV atau gadget sejak 1 jam sebelum si Kecil tidur.

Semoga infonya bermanfaat ya, Moms