Babybee Logo

Mengatasi Batuk Berbahaya Pada si Kecil

13 August 2019

Batuk yang dialami si Kecil tentunya membuat orang tua cemas dan khawatir. Apalagi jika batuk tersebut tidak kunjung sembuh dan diiringi dengan gejala yang tidak biasa. Nah, gejala yang tidak biasa inilah yang bisa jadi pertanda kalau si Kecil mengidap batuk yang berbahaya. Mau tau apa aja gejalanya? Yuk, simak ulasan berikut ini:

-       Si Kecil menolak untuk menyusu atau makan sehingga ia mengalami dehidrasi. Untuk hal ini, Moms bisa melihat tanda ia terkena dehidrasi dengan mengecek popoknya. Biasanya, dalam kondisi normal bayi akan buang air kecil tiap enam jam sekali.

-       Si Kecil mengalami demam tinggi dan berlangsung sampai 3 hari.

-       Batuk hingga menyebabkan ia muntah-muntah.

-       Si Kecil mengalami sesak napas. Ciri-cirinya bisa dilihat saat ia menarik napas atau mengeluarkan suara yang keras ketika tidur.

-       Dahaknya tampak berwarna kuning, hijau, atau kecokelatan.

 

Namun Moms tidak perlu khawatir dulu ya karena ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk pada si Kecil. Pertama, jika si Kecil masih mengonsumsi ASI, berikan ASI dalam jumlah lebih banyak untuk membantu tubuhnya dalam melawan infeksi.

Kedua, Moms juga bisa menggunakan uap air panas untuk melancarkan saluran pernapasannya yang tersumbat akibat lendir. Moms bisa mengajaknya berendam air hangat atau duduk bersama si Kecil di ruangan beruap sekitar 15 menit dengan suhu yang tidak terlalu panas.

Ketiga, posisikan kepala anak lebih tinggi dari biasanya saat tidur dengan menambahkan beberapa bantal atau untuk mudahnya Moms bisa menggunakan Sloped Pillow Babybee yang sudah dirancang khusus dengan ketinggian 15 derajat untuk membantu bayi tidur dengan posisi badan bagian atas lebih tinggi. Posisi tidur dengan kemiringan 15 derajat ini sangat dianjurkan oleh dokter anak karena baik untuk sistem pernapasan dan peencernaan. Sangat baik juga digunakan untuk bayi yang mudah muntah, terpapar infeksi kuping, flu ataupun infeksi pernapasan.