Babybee Logo

Mencegah Terjadinya SIDS Pada si Kecil

13 August 2019

SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome adalah kematian mendadak pada bayi yang berusia di bawah 1 tahun tanpa ada gejala apapun sebelumnya. SIDS ini menyerang 1 dari 100,000 bayi terutama usia 2 - 4 bulan. Sebagian besar kematian ini terjadi ketika bayi sedang tidur, tetapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada saat bayi tidak dalam kondisi tidur. Adapun faktor penyebab SIDS, yaitu:

-       infeksi pernafasan

-       kelainan otak

-       bayi yang lahir prematur (kurang dari 37 minggu)

-       tidur dengan posisi tengkurap/miring

-       alas tidur terlalu lunak

-       suhu terlalu panas

-       adanya perokok di rumah

Meskipun belum ada metode pasti untuk mencegah terjadinya SIDS. Tetapi, Moms dapat melakukan beberapa upaya untuk meminimalisirnya, yaitu dengan menidurkan bayi dengan posisi telentang, bukan tengkurap ataupun miring. Setidaknya, hal ini dilakukan untuk setahun pertamanya agar bayi terhindar dari kesulitan bernapas. Moms juga bisa memberikan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif minimal 6 bulan. Ini karena bayi yang mendapatkan ASI, umumnya memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik.

Selain itu, minimalkan benda-benda di kasur si Kecil, seperti bantal, guling dan terutama mainan. Atau, tidurkan bayi pada tempat tidur yang berbeda untuk menghindari bayi tertindih atau pernapasannya terhalang.